Dari Bunga Menjadi Bakal Buah, Sistem reproduksi dalam Tumbuhan

Dari Bunga-1Sistem reproduksi tumbuhan erat kaitanya dengan bunga yang dihasilkan oleh Tumbuhan. Sebab bunga adalah alat reproduksi yang dimiliki tumbuhan yang dibantu oleh hewan seperti lebah dan burung dalam penyerbukanya.walaupun tidak semua tumbuhan memiliki atau menghasilkan bunga, namun sebagain besar tumbuhan berbunga.

Bunga sangat berperan dalam sistem reproduksi tumbuhan karena nantinya akan terjadi pencampuran atau bertemu sel kelamin jantan dan sel kelamin betina ( serbuk sari dan putik) yang banyak dikenal dengan istilah penyerbukan. selanjutnya akan terjadi proses pembuahan dan penghasil buah yang mengandung biji sebagai anak yang membawa sifat-sifat genetik induknya sebagai tumbuhan baru.Sistem reproduksi tumbuhan adalah bagaimana tumbuhan menghasilkan individu baru,sistem reproduksi tumbuhan ini dapat juga disebut sebagai proses perkembangbiakan tumbuhan.Sistem reproduksi ini terjadi melalui dua cara yaitu generatif dan vegetatif. Bunga adalah cara generatif yang sangat berperan dalam terjadinya proses ini.Ada banyak cara penyerbukan. Salah satunya melalui perantaraan serangga. Atau dengan perantaraan air. Atau dengan perantaraan binatang. Atau dengan perantaraan angin yang biasanya disebut dengan ‘penyerbukan angin’.Khusus tentang penyerbukan yang terjadi karena perantaraan angin, maka di sana, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi:

1) Serbuk harus berjumlah besar, karena ketika terbawa angin, sebagian besar daripadanya hilang.

2) Serbuk harus ringan, sehingga bisa diterbangkan oleh angin.

Mengenai penyerbukan melalui angin ini, Alquran memberikan petunjuknya. Allah SWT dalam surat Al-Hijr ayat 22 berfirman: “Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan)…”

Sekiranya tidak ada angin, maka tumbuh-tumbuhan yang proses perkembangannya melalui angin, tentunya akan punah dan hilang.Maha Suci Allah SWT yang berfirman: “Alif, Laam, Miim. Kitab (al-Quran) ini tidak ada keraguan
padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” (QS Al-Baqarah: 1-2)

Sementara pada perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif, bunga tidak memiliki peran atau tidak dibutuhkan. sebab, pada proses ini tumbuhan sudah dapat membentuk individu baru tanpa adanya kehadiran atau bantuan bunga. Biasanya cara ini dibantu oleh manusia melalui rekayasa teknologi baik itu Stek, Cangkok, Sambung Pucuk, Kultur Jaringan dll.

BUNGA SEBAGAI ALAT REPRODUKSI

Dari Bunga-2Seperti disebutkan diatas bahwa tidak setiap tumbuhan menghasilkan bunga, tapi kebanyakan tumbuhan menghasilkan bunga. Bunga adalah salah satu bagian utam dari tumbuhan selain batang, akar, daun, buah dan biji. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang terlihat paling mencolok atau dapat dikatakan paling indah. hal ini disebabkan karena bentuk dan warna bunga yang beragam dan menarik.Bentuk bunga yang indah dan berwarna-warni membuatnya menjadi sangat menarik. hal inilah yang menyebabkan bunga dapat menarik hewan, teruatam serangga sehingga membantu dalam penyerbukanya. proses inilah yang mengawali terjadinya individu baru tumbuhan tersebut.

MANFAAT BUNGA

Manfaat utama bunga adalah seperti yang telah disebutkan di atas yaitu sebagai alat perekembang biakan tumbuhan atau bunga berperan dalam sistem reproduksi tumbuhan.Bunga yang telah mengalami proses penyerbukan yaitu bertemunya benang sari pada kepala putik, yang akan mengalami proses pembuahan. Selanjutnya bunga tersebut akan mengalami perubahan menjadi bakal buah. bakal buah ini akan dilindungi dan dibungkus oleh daging buah. Inilah proses yang dinamakan berubahnya bunga menjadi buah. selain itu pada zaman  modern ini telah banyak penelitian yang membuktikan beberapa bunga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan.Misalnya bunga teh rosella yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah serta kadar gula dalam darah.

Dari Bunga-3Masih banyak jenis bunga lain yang menurut penelitian berguna bagi kesehatan manusia. Contohnya adalah bunga matahari yang berguna untuk menghilangkan sakit pada saat haid dan menghilangkan keputihan pada wanita.Bunga juga dijadikan sebagai hiasan, pengungkapan perasaan manusia seperti mawar dan melati, juga menjadi simbol-simbol.

BAGIAN-BAGIAN BUNGA

walau setiap tumbuhan tidak selalu memiliki bunga, tapi berikut adalh bagian-bagian dari bunga.

1. Mahkota bunga
Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang paling mencolok dan menarik dari penampilan luar bunga. mahkota bunga memiliki warna yang bermacam-macam.Mahkota bunga berfungsi untuk melindungi bunga saat belum mekar, setelah mekar menjadi alat penarik hewan terutama serangga dalam proses penyerbukan.
2. Kelopak bunga
Kelopak bunga juga merupakan bagian bunga yang melindungi bunga saat bunga masih belum mekar atau dalam keadaan kuncup.
3. Benang sari
Benang sari adalah sel kelamin jantan yang dihasilkan oleh tumbuhan. benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari. Did alam kepala sari terdapat serbuk sari. serbuk sari inilah yang nantinya akan membuahi putik, sehingga menjadi proses awal terbentuknya individu baru tubuhan tersebut.
4. Putik
Putik juga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan.utik mengandung sel kelamin betina bagi tumbuhan.Di dalam putik terdapat kepala putik, tangkai putik, bakal buah dan bakal biji.

Dari Bunga-4Dapatlah dimengerti bahwa selain penampilan yang indah dan menarik serta banyaknya peneliatian yang berusaha mencari fungsi dan manfaat lebih dari tumbuhan untuk kehidupan manusia, bunga tetaplah memiliki peran utama dalam sistem reproduksi tumbuhan. inilah peran utama dan pertama yang dimiliki oleh bunga dan tidak boleh dilupakan atau ditinggalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s