Harga Bawang Meroket, Yuk Tanam Sendiri

Sinetron Bawang Merah-Bawang Putih, Naik Daun Mahal Harganya

bawang OkeSejak harga bawang meroket sejumlah pedagang sayuran memilih tidak menjual dua komoditas holtikultura tersebut. para ibu rumah tangga dan pedagang makanan dibuat kelimpungan karena bawang susah dicari , kalaupaun ada harganya selangit sampai menembus lapis 7. 75.000 rupiah perkilo maksudnya.kenaikan harga komoditas ini dinilai tidak wajar bahkan cenderung ada permainan para mafia import dan distributor nakal. Kenaikan harga komoditas tersebut telahterjadi sejak awal februari lalu. Sebelumnya, harga bawang merah dan bawang putih berada dikisaran Rp.16.000-Rp.18.000 per kilogram harga normal paling banter 7000-8000. saat ini harga bawang putih melonjak ke 72.000 per kg dan bawang merah Rp.50.000 per kg. kenaikan harga bawang tersebut tetapi tidak berimbas pada petani bawang, petani bawang tetap aja miskin karena harga bawang ditingat petani paling banter 4000-5000, siapakah yang bermain dibelakang layar perdagangan holtikultura ini.

Saat ini harga bawang melonjak drastis!!!… Terlepas dari persoalan politik pemerintah, ekspor, import, mafia, distributor nakal atau apalah… mari kita berpikir positif dari sudut pandang pertanian saja.

Seberapa Sulitkah Menanam bawang???

lha Wong sama-sama tumbuh di tanah, dimana saja bisa, gak punya kebun atau lahan dalam pot juga bisa, mau hidroponik juga bisa.

Biarlah bawang putih dan bawang merah MAHAL, yang penting kita harus kreatif berusaha memenuhi kebutuhan akan bawang dan bumbu dapur kita secara mandiri. caranya bagaimana? Apakah menanam bawang putih dan bawang merah itu sulit? tidak yang ada adalah malas karena kita biasa dimanjakan dengan pola hidup konsumtif dan instan.Sehingga stok bawang sangat tergantung impor dan cuaca kita  kena imbasnya. mari kita tanam bawang…. seperti lagu saat kita ” menanam jagung” kita ganti dengan ” menanam bawang”. setuju?

Buah-TomatMusuh utama bawang biasanya adalah cuaca saat curah hujan lagi tinggi, sehingga akarnya/umbinya busuk. makanya perlu menggunakan SOT (Suplemen Organik Tanaman) yang dapat mencegah atau mengurangi gugur bunga dan buah, dan juga memperkuat jaringan pada akar dan batang. daya tahan tanaman terhadap serangan fungi/cendawan akan meningkat dan juga baik untuk mencegah wereng dan lainya.  Sehingga bawang yang kita tanam tidak kenal musim atau menjadi sakti. saya bukanlah petani bawang, saya hidup dekat sentra bawang di Slawi dekat sekali dengan Brebes yang merupakan penghasil bawang terbaik di Indonesia. saya Hanya seseorang yang ingin memanfaatkan lahan untuk memenuhi kebutuhan sendiri.Kebetulan ada lahan nganggur milik mertua di Cilegon. Sebagaimana kata pepatah” kalau bisa GRATIS Kenapa harus BAYAR?

PEMILIHAN BIBIT BAWANG PUTIH

BawangPutihPemilihan bibit bawang yang berkualitas itu penting, karena hasil dari bibit yang berkualitas akan memberikan hasil yang maksimal. seperti pepatah jawa ” bibit, bebet, bobot” ya kan? ini bukan masalah adat atau konservatif ini masalah kualitas dan hasil keturunanya kelak.

  1.  Cara membeli bibit, dengan car ini pemilihan bibt akan efektif dari segi waktu tidak harus menanam bibit sendiri yang membutuhkan waktu lama. Jika membeli bibit yang perlu diperhatikan adalah ukuran umbi-nya. Pilihlan ukuran umbi yang kecil atau sedang. selain harganya relatif lebih murah juga penangananya lebih mudah. dan satu hal yang perlu diperhatikan adalah dalam membeli bibit yaitu pilih yang sudah bersertifikat baik dari IPB atau Deptan karena kualitasnya terjamin.
  2. Membuat bibit sendiri gak ada salahnya juga sekalian belajar jadi petani buat persiapan pensiun atau pensiun dini, pada pilihan kedua ini yang perlu diperhatikan adalah pilih bibit yang berasal dari tumbuhan yang tidak cacat, sehat, normal dan bebas penyakit. Untuk bibit sendiri, sebaiknya gunakan tempat khusus menanam bisa besek atau  wadah plastik yang lebar jangan tercampur dengan tanaman yang akan dikonsumsi. jarak bibit yang ideal untuk bibit adalah 10X10 cm. dengan jarak tanam tersebut akan menghasilkan umbi bawang putih berukuran sedang yang lebih tinggi dan berjumlah lebih banyak.

Kebutuhan bibit untuk budidaya bawang putih tergantung luas area kebun kita, atau langsung  tancap dalam pot juga bisa jika lahan pekarang kita tidak terlalu luas.

Bibit Bawang Merah

Bawang merahBibit bawang merah yang siap tanam ialah bibit yang telah disimpan selam 2-3 bulan. Umbi yang akan digunakan sebagai bibit haruslah umbi yang mempunyai titik-tik tumbuh akar atau telah muncul fase tunasnya. Selain itu umbi juga harus berasal dari tanaman yang sehat dan dipanen pada usia tua usia 70-90 hari.pada umur tersebut pertumbuhan calon tunas dalam umbi sudah penuh.

Umbi yang dipanen dari tanaman bawang merah yang telah tua terlihat padat dan berisi. Jika umbi terasa lunak atau kurang padat saat dipegang, berarti umbi tersebut berasal dari tanaman yang belum tua saat dipanen. Umbi yang berasal dari tanaman yang sehat, warnanya akan terlihat cerah, mengkilap, segar, dan tidak kisut. Selain itu tidak nampak warna hitam yang menandai adanya serangan penyakit yang disebabkan oleh jamur.sebelum ditanam, kulit luar bibit bawang merah yang mengering dan sisa akarnya harus dibuang.

Selain itu bagian ujung dipotong degan pisau agar bersih kurang lebih 1/3-1/4 bagian dari panjang umbi. tujuan dilakukan pemotongan adalah agar umbi tumbuh merata, merangsang tumbuhnya tunas, mempercepat pertumbuhan tanaman, merangsang tumbuhnya ubi samping dan mendorong terbentuknya anakan. Media tanam akan lebih  bagus jika dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2 dengan tanah.

Pemeliharaan

bawang dalam pot
Pemeliharaan bawang adalah dengan cara menyiram pagi dan sore, bila ada tanaman yang mati lebih baik cabut saja takutnya kena penyakit layu yang bisa menular ketanaman lain dan segera ganti tanaman yang mati tersebut. Gunakanlah pupuk orgaik dalam ini pupuk kandang atau pupuk organik cair yang sekarang banyak dijual bebas. jangan gunakan pestisida atau insektisida karena sangat berbahaya apalagi kita menanam dekat areal rumah kita yang ada anak-anak kecil.

Nah selamat mencoba dan anda tidak akan dibuat pusing tujuh keliling dengan naiknya harga bawang, langkah ini bisa nada terapkan juga untuk cabe, tomat dan sayur-sayur lainya. Belajarlah dari orang desa yang tidak pernah beli sayur tetapi memenuhi secara sendiri, bukankah kita juga dulu orang desa dengan berkebun dapat menghilangkan stress yang kita dapat dari kerja di kantor loh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s