Agar Buah Naga Cepat Berbuah

Buah Naga-2Tanaman buah naga yang sudah ditanam lama dan sudah dilakukan berbagai macam perlakuan tetapi tidak kunjung berbunga dan berbuah.Ada sebenarnya dengan tanaman buah naga yang kita tanam? Sebenarnya pemberian pupuk ada dua tujuan yaitu mempercepat pertumbuhan / tunas baru dan mempercepat tanaman untuk berbunga dan berbuah. Berikut ini perbedaan penanganannya dan hasilnya :
1. Buah Naga Cepat Tumbuh Tunas dan Panjang
Buah Naga dalam Pot-1Penanganan tanaman buah naga supaya cepat tumbuh tunas baru dan memanjang, dibutuhkan ketersediaan unsur N yang tinggi, jika anda menggunakan pupuk kandang, maka jenis yang paling tepat adalah yang berasal dari kotoran ayam. Bagi anda yang menggunakan pupuk kemasan, pilihlah pupuk yang memiliki unsur N lebih tinggi dari P dan K. Penanganan ini akan menghasilkan batang yang cepat tumbuh memanjang dan tumbuh tunas baru yang lebih cepat, warna terlihat lebih muda dan diameter batang akan lebih kecil dibandingkan batang buah naga yang di beri unsur P lebih tinggi dari N nya. Metode ini cocok digunakan dalam perbanyakan bibit atau pada tanaman buah naga dewasa setelah musim buah habis.

2. Bibit Cepat Berbunga dan Berbuah

Sinaga Merah Dari CilegonPenanganan bibit supaya cepat “tua” (cepat berbunga dan berbuah) dibutuhkan suplai unsur P yang lebih tinggi dari unsur N, kalau anda menggunakan pupuk kandang, jenis yang paling bagus yang berasal dari kotoran kambing. Perlakuan ini akan menghasilkan batang yang berwarna hijau lebih gelap dan diameter batang akan lebih besar dari batang yang diberi unsur N lebih tinggi dari P nya. Metode ini cocok bagi budidaya buah naga di dalam pot atau pada budidaya buah naga dewasa pada masa berbuah tiba.

  • Pada bibit, lebih baik langsung ditanam pada bedengan pada lahan , berikan pupuk kandang kotoran kambing secara merata pada bedengan.
  • Pada model Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot), ini wajib dilakukan karena yang dibutuhkan adalah tanaman buah naga yang berukuran kecil tetapi sudah berbuah.
  • Pada tanaman dewasa, pemangkasan batang ini wajib dilakukan untuk menyambut musim buah tiba, dilakukan bersamaan dengan Pemangkasan bunga
  • Anda bisa menggunakan jenis pupuk apa saja, yang dibutuhkan adalah anda tahu betul kandungan unsur-unsurnya.

Pupuk Kandang

Jika anda menggunakan pupuk kandang, pastikan pupuk kandang sudah matang / kering, akan lebih baik lagi jika di fermentasi lebih dulu.Sederhananya untuk membuat tanaman buah naga dapat berbunga dan berbuah adalah :

  • 1. Media tanam tidak terlalu padat (tidak lama menyimpan air)
  • 2. Mendapat sinar matahari yang cukup.
  • 3. Pemupukan yang tepat (penjelasan di atas)
  • 4. Pemangkasan untuk mencegah cabang terus tumbuh dan munculnya tunas baru.
  • 5. Sulur tidak terlalu rimbun, sehingga sulur atas tidak menutupi sulur pada bagian bawah dari sinar matahari.

Simbiosis  Mutualisme 1Jika 5 hal tersebut terpenuhi, tanaman buah naga anda pasti akan berbunga dan berbuah dengan baik. Semoga Bermanfaat.

21 thoughts on “Agar Buah Naga Cepat Berbuah

  1. Saya punya pohon buah naga dalam pot, berbunga terus tetapi sampai detik ini belumpernah ada yang jadi buah satupun, mohon dibantu penanganannya supaya menjadi buah, terimakasih.

    1. ada lebah yang menyerbukan bunganya pak? kalau tidak ada harus dikawinkan secara manual agar terjadi penyerbukan. kalau tidak terjadi penyerbukan akan busuk dan rontok. kasih juga KNO3 saat mulai muncul bakal bunga pak.

    1. sudah umur berap bulan? apakah sudah menjuntai ke bawah sulurnya. varietas apa? dulu batangnya dari batang yang sudah pernah berbuah atau belum? kalau dari batang yg blm pernah berbuah…gak bakalan berbuah.

      1. Udh lama pak. Udh berapa tahun gitu. Kurang tau ya varietas apa”nya soalnya uwa saya yg bawa dr lampung. Skrg lg keluar kuncup bunga pak baru 1 panjangnya sekitar 8cm’an. Tp blm mekar bunganya

  2. HADI DJAAFAR

    DIMANA MENCARI BIBIT BUAH NAGA YANG BAIK, SAYA SEMPAT TANAM DI POT SUDAH SAYA JALANKAN PERBANDINGAN MEDIA TANAMNYA KENAPA TIDAK BERBUAH JUGA, ATAU KARENA BEDA ATSMOSFER CUACA YA…?

  3. renda

    Apakah semut merah&hitam bisa buat bunga buah naga gagal pak?
    Kuncup bunga buah naga saya sebesar jempol jari sudah di krubungin semut

    Terus tanaman buah naga saya sudah berumur 8 thn,
    Kmren 2 bunga rontok. Padahal sudah saya bantu penyerbukan manual.
    Pertanyaanya :
    -Apakah metan buah naga saya harus di ganti semua?
    -Apakah nanti tidak merusak akar jika nanti metan di ganti semua? Soalnya tanaman berada di pot
    -Pupuk jenis apa yang cocok buat tanaman sya ini? Dan berapa kali pemupukan di berikan? Apakah 1 x seminggu / brp bln sekali ?
    Trima kasih

  4. renda

    Ok thx pak..
    1 lg pertanyaan saya pak..
    Apakah kuncup bunga buah naga yg masih kecil seukuran jempol kalo kena hujan harus di tutup plastik?
    Soalnya bulan ini hujan terus dibekasi

  5. Neni

    Saya sudah mananam pohon buah naga yg daging buahnya b’wrna merah keungu2an,kira 2th.dlm 1th pertama sudah mulai berbuah cuma 2 biji,tp setelah itu kok g pernah berbuah lagi y pak?berbunga pun tdk,yg tumbuh hanya tunasnya trus.gmn caranya agar bisa berbuah lg dan bnyk buahnya?memang masalah pemupukan hanya saya kasih pupuk kandang(tai sapi yg sudah kering),apa hrs d ksh perangsang bunga/buah?kl iya,kira2 obat ap yg bgus?Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s