Budidaya Bawang Merah Dengan Biji Sebagai Solusi Mahalnya Ongkos Produksi Bawang

Menanam Bawang Merah

Menanam Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah lama dibudidayakan oleh petani. Dilihat dari segi ekonomi, bawang merah memiliki nilai ekonomis yang relatif tinggi.Bawang merah merupakan tanaman semusim yang berbentuk rumput, berbatang pendek dan berakar serabut. Daunnya panjang serta berongga seperti pipa. Pangkal daunnya dapat berubah fungsi seperti menjadi umbi lapis. Oleh karena itu, bawang merah disebut umbi lapis.

Tanaman bawang merah ini dapat ditanam dan tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter dpl. Walaupun demikian, untuk pertumbuhan optimal adalah pada ketinggian 0-450 meter dpl. Komoditas sayuran ini umumnya peka terhadap keadaan iklim yang buruk seperti curah hujan yang tinggi serta keadaan cuaca yang berkabut.

bawang OkeSampai saat ini petani bawang merah di Sentra produksi bawang merah Di Brebes Jateng dan Nganjuk Jatim selalu menggunakan umbi bibit sebagai bahan tanaman, sehingga ongkos produksinya mahal. Bibit yang berasal dari umbi, daya hasilnya relatif tidak berubah dengan bergantinya waktu. Peningkatan daya hasil hanya bisa dilakukan melalui perbaikan kultur teknis, dan suatu ketika produksi bawang merah akan mengalami penurunan.

Untuk meningkatkan produktivitas bawang merah selain perbaikan kultur teknis, petani perlu dikenalkan varietas unggul “TUK-TUK” yang dapat ditanam melalui biji. Ciri-ciri bawang merah ini antara lain bentuk umbi bulat, ukuran seperti bawang merah lokal Philipina, warna umbi merah muda sampai kecoklatan.
Bawang ini dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi, dengan suhu optimal 25 – 32 derajat celcius, tanah yang cocok adalah tanah yang aerasinya baik, subur, gembur, mempunyai bahan organik tinggi, sedang pH tanah berkisar 5,5-6,5.

Bawang merah dapat diperbanyak dengan dua cara, yaitu bahan tanam berupa biji botani dan umbi bibit. perbanyakan bawang merah dengan biji mempunyai prospek cerah karena memiliki beberapa keuntungan (kelebihan) antara lain : keperluan benih relatif sedikit ±10 kg/ha, mudah didistribusikan dan biaya transportasi relatif rendah, daya hasil tinggi serta sedikit mengandung wabah penyakit. Saat ini telah ada varietas baru bawang merah (TUK-TUK) dengan produktivitas tinggi dan dapat ditanam melalui biji serta harga benihnyapun terjangkau.

CARA BUDIDAYA

A.    Pesemaian

menanam bawang merah di pasir dengan bijia) Buat bedengan dengan lebar 1 m, tinggi 40-50 cm, dan panjang menyesuaikan, jarak antar  bedengan 50 cm.

b) Campur tanah bedengan dengan pupuk kandang 2 kg/m2 dan kapur pertanian 150 gr/m2, SP 18 100 gr/m2, dan KCl 50 gr/m2.

c)  Taburi bedengan dengan sekam padi setebal 10 cm lalu dibakar dan selanjutnya dibiarkan selama 1 hari.

d) Ratakan bedengan, beri pupuk yang telah dipersiapkan kemudian aduk secara merata. Buat alur melintang dengan jarak 5-10 cm dan kedalaman 1 cm.

e) Taburkan biji bawang merah ke dalam alur sebanyak 150-200 biji/alur, kemudian tutup alur dengan tanah halus.

f) Kecambah akan muncul 5-10 hari setelah semai.

g) Bila musim hujan sebaiknya bedengan ditutup dengan sungkup plastik selama 3-4 minggu.karena bila tidak bibit yang disemai saat kena hujan akan rusak dan busuk.

B.    Pengolahan Tanah

a) Lakukan pengolahan tanah 2-4 minggu sebelum penanaman dengan kedalaman olah 25 cm.

b) Buat bedengan dengan ukuran lebar 120 cm, tinggi 40-50 cm, dan panjang menyesuaikan dengan keadaan lapangan.

c) Berikan pupuk dasar berupa pupuk ZA sebanyak 952 kg/Ha, SP 18 sebanyak 1.000 kg/Ha, pupuk KCl sebanyak 383 kg/Ha, 3 hari sebelum tanam sebanyak ½ dosis.

d) Pupuk disebar merata diatas permukaan bedengan dan dicampur secara merata dengan tanah permukaan bedengan.

e) Pasang mulsa plastik hitam perak dengan warna hitam menghadap permukaan bedengan.

f) Lubangi mulsa plastik dengan jarak 10 cm x 10 cm dengan menggunakan kaleng susu yang didalamnya diberi bara api.

C.    Penanaman

a) Lakukan penyiraman pada bedengan/lubang tanam terlebih dahulu untuk memberikan kelambaban tanah.

b) Tanam bibit yang telah berumur 40-50 hari, 1 lubang 1 bibit. Tekan tanah disekitar pangkal tanaman dengan lembut supaya akarnya menyatu dengan tanah.

D.    Pemeliharaan

a) Pada awal pertumbuhan sampai umur 3 minggu penyiraman rutin pagi dan sore hari, terutama sehabis hujan.

b) Lakukan pemupukan susulan ¼ dosis masing-masing pada umur 30 hari dan 55 hari sejak tanam.

E.    Panen dan Pasca Panen

a) Panen dilakukan saat tanaman berumur 65-75 hari setelah tanam, ditandai dengan daun sudah mulai rebah dan umbi tersembul ke permukaan tanah. Cara memanen adalah dengan mencabut tanaman dan menjemurnya dibawah terik matahari langsung atau diletakkan diatas para-para.

b) Untuk dapat bertahan 1-2 tahun bila penanganan pasca panennya baik. Salah satu cara penyimpanan yang baik adalah dengan menyimpan diatas para-para.

Info Cara Pembenihan Bawang Merah Yang Sukses

bawangPemilihan bibit pada proses budidaya holtikultura menjadi salah satu faktor kesuksesannya. Sehingga proses pembenihan / pembibitan wajib dibutuhkan buat keberhasilan pertanian. Pada komoditas bawang merah pembenihan dapat dilaksanakan dengan 2 cara yaitu membuatnya banyak dengan cara umbi dan pembenihan dengan biji. Dibawah ini merupakan 2 cara pembenihan tersebut.
perbandingan Umbi dengan Biji
1. PERBANYAKAN DENGAN UMBI
Pengembangbiakan bawang merah biasanya memakai umbi lapisnya. Buat memperoleh kualitas yang baik mesti diambil dari ukuran sedang , disimpan selama 6-8 bulan. Sumber bibit harus dari tanaman sehat, berumur 60-80 hari, bebas hama dan penyakit.
2. PEMBENIHAN DENGAN BIJI
Bawang merah selain diperbanyak dengan umbi-umbian, juga bisa dibiakkan dengan benih atau biji yang disebut true shallot seed (TSS). Teknologi pembijian bawang merah telah banyak dikembangkan oleh pakar-pakar di dalam negeri.
Demikian pula perusahaan-perusahaan benih di luar negeri mulai banyak memproduksi benih bawang merah, padahal semua dominan mempromosikan benih bawang bombay.Banyak faktor penyebab yang melatarbelakangi peluang tadi. Tidak banyak orang yang jeli dan bernaluri bisnis. Di samping itu, teknologi budidaya bawang merah di tingkat petani belum membudaya.
Faktor lainnya belum tersedianya benih bawang merah di pasaran, sekalipun belum banyak diketahui masyarakat petani.Keunggulan perbanyakan bawang merah dengan biji, selain bisa menekan biaya pengadaan bibit, juga mudah didistribusian antar tempat atau antar daerah, bahkan antar negara tanpa menuntut tambahan biaya penynpanan gudang.Selain itu bibit bawang merah pada umumnya bebas dari virus atau penyakit berbahaya lainnya. Sementara kelemahannya ialah tanaman bawang merah yang berasal dari biji sering terjadi pemecahan sifat dan harus disemai dulu selma 5-6 minggu.
Tentu saja teknologi pembibitan bagi petani bawang merah yang umumnya di dataran rendah belum terbiasa.Sebetulnya teknologi pembibitan dan budidaya bawang merah dari biji sudah banyak diteliti oleh balai penelitian sayuran lembang. Benih disemai dulu pada bedengan bersungkup plastik bening seperti menyemai benih kubis atau sayuran dataran tinggi lainnya.
Pada umur 5-7 minggu sejak disemai, bibit dicabut untuk segera dipotong sebgaian daun-daunnya dan akar dibersihkan, kemudian direndam dulu dalam larutan fungisida.Penanaman bibit bawang merah di kebun membutuhkan teknologi spesifik, yaitu jarak tanam rapat 10 x 10 cm atau 5 x 10 cm. Budidaya bawang merah dari biji umumnya menghasilkan umbi tunggal, sehingga jarak tanamnya harus rapat.ika populasi per hektar dari bibit umbi mencapai 250.000 tanaman (jarak 20 x 20 cm) dengan produksi 20-25 ton, maka perbanyakan biji pun pada jarak tanam 10 x 10 cm atau populasi sekitar 1 juta tanaman dapat menghasilkan umbi dalam volume yang sama.
Prospek market dari umbi bawang merah tunggal berkualitas prima, yakni bentuknya bulat dan berukuran besar, warna kulit umbinya merah menarik dan serta rasanya pedas, ternyata makin diminati konsumen dalam dan luar negeri.
PT East West Seed Indonesia menjual Biji bawang merah dengan Biji.
POtensi produksi TUKTUK per ha mencapai 25 ton (beberapa petani bisa sampai 30 ton/ha). Berikut analisa kasar perbedaan menanam bawang merah dengan umbi dan menanam bawang merah dengan biji:

bawang merah biji

A. Penanaman menggunakan Umbi
  1. Bibit (umbi kecil) 1.200 kg x Rp 15.000/kg = 18.000.000- Biaya produksi lainnya lk 15.000.000
  2. - Produksi maksimal 15.000 kg x Rp 4.000/kg = 60.000.000
  3. - Keuntungan yang diperoleh = 60.000.000 – 33.000.000 = 27.000.000
B. Penanaman menggunakan Biji
  1. Benih (biji) 5 kg x Rp 1.500.000/kg = 7.500.000
  2. Biaya Pesemaian lk 2.000.000
  3. Selisih biaya tanam lk 5.000.000
  4. Biaya produksi lainnya 15.000.000
  5. Produksi maksimal 25.000 kg x Rp 4.000/kg = 100.000.000
  6. Keuntungan yang didapat = 100.000.000 – 26.500.000 = 73.500.000
Dengan demikian penanaman menggunakan biji (benih) jauh lebih menguntungkan.
Kelebihan dan Kekurangan bertanam bawang merah dengan biji vs umbi:
A. Menggunakan Umbi
  1. Lebih praktis (mudah dilakukan)
  2. Tidak perlu pesemaian
  3. Waktu panen lebih cepat (hanya 60 hari setelah tanam)
  4. Produksi sedikit (maks 15 ton/ha)

B. Menggunakan Biji

  1. Memerlukan keterampilan khusus, namun bila sering berlatih akan menjadi hal yang biasa
  2. Perlu pesemaian selama 35 s/d 42 hari
  3. Perlu tenaga penanaman yang lebih banyak
  4. Waktu panen lebih lama (75 – 80 hari setelah pindah tanam)
  5. Produksi bisa mencapai 25 ton/ha

Slide Edukasi Tanam Tuktuk (Bawang dari Biji) silahkan Download

Slide Vidoe cara penyemain bibit Tuk-tuk

Berikut ini langkah-langkah sebagai panduan menanam bawang Tuk Tuk. Silahkan dicatat dan dipahami biar gak salah ya. Metode cara tanam bawang tuktuk cap panah merah yang menjadi acuan dan juga diterapkan petani disusun oleh ibu Irin Adin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Benih bawang tuktuk harus disemai terlebih dahulu, untuk mendapatkan bibit bawang siap tanam yang bagus dan sehat.
  2. Siapkan Baki/tray, pot, polibag, atau wadah lain untuk menyemai benih. Usahakan wadah sesuai dengan benih yang akan disemai.
  3. Dibutuhkan media yang remah, terdiri dari tanah halus, pupuk kandang/ kompos dan arang sekam, 1:1:1. Jika tidak ada arang sekam tidak masalah.
  4. Tujuan pemberian arang sekam pada media adalah untuk mengikat air dan memberi rongga pada media tanam, menjaga sirkulasi udara.
  5. Siapkan tray baki seperti contoh dan isi agak penuh dengan media. Boleh menggunakan wadah lain.
  6. Selanjutnya isi tray dengan media yang sudah disiapkan, disiram air menggunakan gembor hingga rata. Biarkan air meresap kebawah, kemudian siram ulang.Tujuan membasahi ulang, untuk memastikan bahwa media sudah basah secara merata dan cara mengecek dengan melihat tetes air dibawah wadah.
  7. Kemudian bikin larikan diatas media tanam, 1 tray bisa dibuat 7-8 larikan. Larikan tidak usah terlalu dalam. Kenapa harus dibuat larikan? Bu Irin menjelaskan bahwa pada saat benih akan pecah dan bertunas butuh energi yang dihasilkan bersamaan.
  8. Energi yang dihasilkan dari larikan-larikan benih. Benih yang ditabur bersamaan akan mempercepat proses tunas dan mendapat tunas yg sehat.
  9. Kemudian taburkan benih bawang tuktuk yang sudah disiapkan. 1 tray baki bisa utk menyemai 2 gram benih kira-kira berisi 600 benih.
  10. Saat mengambil benih untuk ditaburkan di larikan sudah dikira-kira 1/8 bagian dr 2 gram. Taburkan rata di larikan.
  11. Setelah semua larikan ditabur benih dan benih masih sisa, ambil dan ditaburkan ulang disetiap larikan. Kemudian tutup pakai media remah.
  12. Siapkan plastik penutup, untuk membungkus tray, gunakan plastik warna gelap agar tanah tdk kering akibat panas.
  13. Plastik pembungkus harus diberi lubang agar tetap menjaga sirkulasi udara dengan baik. Biarkan selama 5 hari tanpa disiram. Selama 5 hari boleh diintip, kalo ternyata belum ada tanda2 pertumbuhan, silahkan di cek medianya. Bisa jadi terlalu kering, karena kurang air. Kalo ternyata kering, penutup boleh dibuka dan disiram menggunakan sprayer dengan ukuran siram paling halus. Tidak usah berlebihan.
  14. Kemudian dibungkus kembali dan dibuka pada hari ke 5-6, tunas sudah mulai muncul dan tidak perlu ditutup lagi.
  15. Selanjutnya semaian dibiarkan terbuka dan mendapat sinar matahari penuh, disiram jika media butuh disiram.
  16. Contoh semaian umur 2 minggu semaianbawang tuktuk disiram sesuai kebutuhan dan butuh matahari penuh.
  17. Semaianbawang tuktukumur 5-6 minggu dengan 5-6 daun, siap dipindahkan di lahan / pot atau polibag.

    Semaian Siap Pindah Tanam

  18. Pada umur 40-42 HSS (Hari Setelah Semai) atau 6 minggu tanaman bawang sudah siap pindah tanam. Pada usia ini pohonnya kokoh dan berdaun hijau segar. Masing-masing pohon memiliki sekitar 5-6 helai daun.
  19. Sebelum dipindah, basahi media yang ada dalam pot/polibag.Tanamkan 7 -10 batang per pot/polibag.
  20. Tanam dalam kedalaman 3 cm.
  21. Pemupukan tanaman bisa dilakukan secara konvensional ala rumah tangga dengan menggunakan

a. Air Cucian Beras: diberikan setiap 3 hari sekali

b. Air Cucian ikan atau daging: diberikan 1 minggu sekali pada vase pembentukan umbi.2
22. Untuk pemupukan standar lihat table berikut:
23. Bawang siap panen pada umur 16 MSS (Minggu Setelah Semai) setelah leher batang mulai
melunak. hentikan penyiraman pada tanaman satu minggu sebelum panen.
Demikian panduan menanam bawang tuktuk agar bisa tumbuh dengan maksima
Sumber:
1. Panduan Tehnik Praktis Penanaman Benih Bawang Merah Varietas Tuktuk oleh ibu Irin dalam Slide Edukasi Tanam Tuktuk.

Kami melayani pembelian Bibit Umbi Bawang Merah dan Biji Bawang Merah

Stok Bibit Biji Bawang Merah

Informasi & Pemesanan Bibit Umbi dan Bibit Biji Bawang Merah

021-46321199, 087887980983, PINBB 21B9951D, 766675F8 ( Pak hendra): warasfarm@gmail.com

Pack 10 gr Rp.30.000, pack 50 gr Rp.100.000, pack 1/2 kg Rp.750.000 ( minimal pembelian 3 kg untuk pack 1/2 kilo)

About these ads

24 Comments

  1. Arie

    Halo Waras Farm, terimakasih atas sharing info budidaya-nya. Sekedar ingin tahu, darimana anda mendapatkan informasi budidaya bawang merah dengan biji ini? Terimakasih

    • di artikel ada sumbernya pak dari epetani deptan. dikomunitas bekasi berkebun bulan maret mengadakan tanam tuktuk ( bawang merah dari biji)juga mengadakan penanaman bawang dari biji ini biasa disebut tuktuk, atau coba anda datang ke deptan bagian holtikultura di daerah pasar minggu di depan kantor ada contoh penanaman bawang dari biji. yang jual bibit baru satu perusahaan denga merk panah merah.

  2. mariana

    saya akan melakukan penelitian dengan menggunakan bawang merah asal biji varietas TUK TUK di Aceh tepatnya di kabupaten Bireuen. gimana cara budidaya bawang merah tersebut bagi seorang pemula karena didaerah kami belum pernah ada yang menanamnya. dan bagaimana cara mendapatkan benihnya.

    • silahkan pak hubungi langsung PT East West Seed Indonesia, untuk pembelian bibitnya

    • untuk mendapatkan bibit bisa kontak kami di 021-46321199 atau 08811028719, BBM 30DFD8B3 untu tata cara penanaman saya sertakan file PDF tata cara penanaman silhakn download dibagain bawah artikel.

  3. ega fernanda

    untuk 1 kg benih rata2 menghasilkan berapa jumlah bibit pak ?.,

    • saya belum coba yang 1 kg, saya sudah coba yang 10 gr itu menghasilkan sekitar 400 bibit bawang

  4. eko

    harga untuk kemasan 0,5 kg biji bw merah berapa pak ?

  5. Abda Miysah

    Harga biji bawang perkg berapa ya pak

  6. Harga bibit biji bawang perkgnya berapapak ?

    • saya jual yang bibit per 10 gr rp.30.000 dan per 50 gr rp.100.000 blm termasuk ongkir. informasi 021-46321199, 087887980983 pin BB 21B9951D ( pak hendra)

  7. iwan

    saya sudah melihat slide cara penyemaian nya….pertanyaan saya , setelah di tutup pakai plastik , wadah ditempatkan di tempat yg teduh atau harus kena terik matahari langsung, trus sampai berapa lama ditutup pakai plastik spt itu…..???? makasih atas pencerahannya.

    • ditaruh di tempat yang terlindung dari hujan pak, kalau musim kemarau gak masalah.

  8. sugi

    penyemaian langsung di sawah, terus setelah tumbuh kecambah, di cabut apa di biarin saja pak ,

    • dicabut dipindahin ke media tanam

  9. AS

    salam, apakah melayani pembelian bibit skala kecil misalnya saya mau beli yg 50 gr atau malah hanya 10 gr, saya di jakarta. hanya iseng pengen nanam melalui tehnik vertical gardening

    • ya pak saya melayani pembelian bibit skala kecil no hp sy 087887980983, PINBB: 21B9951D.

  10. agung

    pak, saya sudah coba semai bawang merah tuk-tuk. Saat ini sudah berumur sekitar 2 minggu. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Kenapa bibit tersebut hanya memanjang dan tidak kuat untuk berdiri sehingga tanaman tsb seperti tanaman merambat. Apakah memang seperti itu?
    2. Pada umur berapa daun tersebut sudah mulai cabang?
    sekian dulu, terima kasih

  11. anton

    slamat malam
    saya mau tanya ni apakah hasil bawang benih biji tuk tuk ini sama dengan bawang bombay ya?

  12. hasanmujoko@mail.com

    ASSALAMU’ALAIKUM. SEMOGA PETANI TAMBAH PRAKTIS TANAM BAWANG. ANA JUGA MAU COBA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: