Menanam Padi Hitam Dalam POT ( inpapot) di Kota Metropolitan

beras_HITAM berbulirIseng-iseng hobies mencoba menanam padi dalam pot, hasil baca-baca artikel di internet dan mulai mempraktekanya. Tetapi yang ditanam bukanlah padi biasa melainkan padi hitam yang menghasilkan beras hitam secara organik yang lagi menjadi buah bibir di Dunia Barat sana karena manfaat dan kandunganya melebihi buah blueberry. Zhimin Xu, Associate Professor di Departemen Ilmu Pangan  Louisiana State University Agricultural Center di Baton Rouge, La., mengatakan satu sendok dedak beras hitam mengandung lebih banyak zat antioksidan anthocyanin dibandingkan dengan satu sendok blueberry tetapi dengan sedikit gula dan lebih banyak serat serta zat antioksidan lain (vitamin E).

wedang-beras-hitam-asli-IndonesiaPada 240th National Meeting of the American Chemical Society (ACS), para ilmu melaporkan bahwa beras hitam (black rice/forbidden rice) merupakan sumber makanan yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi, Black or “forbidden” rice. (Credit: iStockphoto/Suzannah Skelton). Menurut sejarah, orang Cina kuno telah mengenal beras hitam ribuan tahun yang lalu sebagai beras terlarang (forbidden rice), tak boleh sembarang orang dapat memakannya, hanya kalangan istana (kaisar) dan orang tertentu saja yang boleh memakannya karena kaya nutrisi,sama di Indonesia beras hitam juga telah dikenal selama ribuan tahun yang lalu dan hanya kalangan-kalangan istana saja yang boleh mengkonsumsinya.Namun zaman sudah berubah tidak ada lagi monopoli feodalistik kita sekarang bisa merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsinya dalam bentuk beras hitam ataupun Wedang beras Hitam.

Banyak cara untuk menanam padi. Umumnya ya memang di sawah atau tegalan, sekarang ini namanya varietas inpari ( inbrida padi irigasi ). Bisa juga di rawa-rawa makanya disebut inpara ( inbrida padi rawa ). Untuk di  tegalan, biasa disebut padi gogo. Istilahnya: inpago (inbrida padi gogo). Ini untuk varietas non hibrida.

Sekarang ini, banyak juga insan yang mencoba menanam padi di pot.  Wow emang bisa jangankan dalam pot menanam padi dalam pasir dipinggir laut juga sudah bisa dan menghasilkan. Kembali ke Topik namanya apa ya? Kalau menanam padi dalam pot, masa namanya: inpapot (inbrida padi pot). Tapi ngak apa-apa disebut dengan nama demikian. Ngak perlu tumpengan apalagi bubur merah putih untuk memberi nama tsb. Hee…heee

Sejak tahun 2008, sudah ada insan yang cinta pertanian dan melakukan inovasi teknologi penanaman padi,yaitu dengan menanam padi dalam pot. Mereka memberi inspirasi kepada yang lain. Seakan-akan dia berkata: padi bisa juga tumbuh dalam pot.Dipasir aja bisa (dilahan pasir pantai Pandansimo, Bantul, Jogjakarta). Dan subur  lagi,,,Siapa tahu nanti kita bisa tanam padi di Bulan atau Mars. Who Knows mimpi aja nanti juga bisa jadi kenyataan.

 AC berry

Kebutuhan benih disesuiakan pot yang akan kita tanami. Bila kita ingin menanam 2 pot saja maka benihnya cukup 4 – 6 butir. Itu artinya, benih yang kita pakai 2-3 kali jumlah pot  yang akan ditanam.

Kalau kita ingin menanam 5 pot saja maka benihnya cukup 10 -15 butir. Tapi, kalau sudah tanam di atas  20 pot, maka benihnya cukup disebar 40 butir saja. Itu artinya cukup 2 x jumlah pot.

” mas , bagaimana kalau 100 pot, 500 bahkan 1000 pot malah?”

” saran saya adalah,,,” saya agak mengatur ucapan

” bagaimana, mas?”

” sebaiknya, bapak tanam aja di sawah. bereskan” 

Sebab kaidah yang baik:  tanam padi 1 bibit 1 lubang/pot.

Tapi, tak salah bila 2-3 bibit ditanam dalam 1 pot.

Dan akan lebih menarik bila 2-3 bibit tsb lain varietas tapi umurnya hampir sama. Jadi, di dalam pot tersebut akan terjadi perkawinan silang. Bila dah panen, dan semua benih ditanam kembali bisa jadi akan muncul varietas baru yang istimewa.

Bahkan karena penasaran, pernah saya tanam padi dalam pot diameter 30 cm sampai 4 bibit dengan 3 varietas yang berbeda. Di tanam pada 8 hss ( hari setelah sebar). Pertumbuhannya bagus. Cuma, tanam bibitnya dipisah-pisah, ada jaraknya. Pada 30 hst( hari setelah tanam) anakkannya mencapai 80an. Yang saya inginkan adalah semoga terjadi perkawinan silang secara alami. Semoga

@telor 2 dalam air garam

Telur dalam air garam yang baik akan tenggelam yang busuk akan mengapung

Biasanya, kalau benih yang akan kita gunakan sebagai bibit diberi perlakuan dengan air garam. Karena benih yang akan kita gunakan sedikit sekali maka perlakuan dengan air garam bisa ya, bisa tidak. Cuma yang lebih baik, direndam di air garam. Untuk mengetahui mana benih yang baik dan mana benih yang kurang baik. Benih yang baik yang tenggelam di air garam, yang jelak yang mengapung di  air garam.

Berapa garamnya? ambil 1/2  gelas air. Kasih 1/2 sendok makan garam. Aduk sampai rata: masukan benih padinya. Dan diamkan selama 10 menit-15 menit.Benih yang mengambang dan melayang diambil dan dibuang. Jumlah benih yang kita pakai mengikuti kaidah di atas: 2 atau 3 kali jumlah pot.

Setelah itu, ambil benih padinya. Cuci bersih dari air garam. Baru direndam selam 24-36 jam.

Bila 24-36 jam telah berlalu, tiriskan dan masukkan ke kertas koran yang agak basah atau tissu. Percikkan sedikit air agar kertas koran atau tissu agak basah. Kemudian letakkan di tempat yang agak gelap selama 24 jam.Atau bisa juga, benih yang sudah direndam, dimasukan kain yang agak basah. Diletakkan di tempat gelap. Setelah 24 jam,  baru dibuka.

Biasanya, dalam 24 jam benih tersebut akan keluar titik tumbuh ( bila belum keluar simpan lagi selama 12 jam). Baru setelah itu, benih siap disebar di media persemaian.Atau bisa juga, rendam benih dengan POC (Pupuk Organik Cair ).Rendam benih tsb  selama 24 jam- 36 jam ).  Setelah itu ditiriskan, baru benih tsb diperam seperti biasa.

Cara lain mendapatkan bibit

Dari sekian banyak insan, ada juga yang punya cara lain. Insan ini ( baca orang) ngak mau repot-repot tabur benih. Setelah pot dan medianya dia siapkan, dia ke sawah: minta sama petani beberapa bibit padi. Urusan benih selesai,,,tapi petani mana? Untuk padi hitam gak semudah itu, padi hitam adalah tanaman legenda yang hampir mendekati legenda sebenarnya kalau saja tidak ada pemulia tanaman ini, untung masih ada petani-petani kita yang diatas gunung yang menanam dan melestarikanya. Harga bibit padi hitam sangat mahal untuk 900 gram bisa mencapai 50.000-70.000 tergantung varietasnya.

Saya menganjurkan: tanamlah 1 pot dengan 1 bibit padi

Untuk media tanam ini terbagi 2 :

1. Media tanam persemaian dan
2. Media tanam pot
 

Mikroba Tanah

Tanah adalah habitat yang sangat kaya akan keragaman mikroorganisme seperti bakteri, aktinomicetes, fungi, protozoa, alga dan virus. Tanah-tanah pertanian yang subur mengandung lebih dari 100 juta mikroba per gram tanah. Produktivitas dan daya dukung tanah tergantung pada aktivitas mikroba-mikroba tersebut. Sebagian besar mikroba tanah memiliki peranan yang menguntungan bagi pertanian. Mikroba tanah antara lain berperan dalam mendegradasi limbah-limbah organik pertanian, re-cycling hara tanaman, fiksasi biologis nitrogen dari udara, pelarutan fosfat, merangsang pertumbuhan tanaman, biokontrol patogen tanaman, membantu penyerapan unsur hara tanaman, dan membentuk simbiosis menguntungan ( Isroi, 2008).

Tiga unsur hara penting tanaman, yaitu Nitrogen (N), fosfat (P), dan kalium (K) seluruhnya melibatkan aktivitas mikroba tanah. Hara N sebenarnya tersedia melimpah di udara. Kurang lebih 74% kandungan udara adalah N. Namun, N udara tidak dapat langsung diserap oleh tanaman. Tidak ada satupun tanaman yang dapat menyerap N dari udara. N harus difiksasi/ditambat oleh mikroba tanah dan diubah bentuknya menjadi tersedia bagi tanaman. Mikroba penambat N ada yang bersimbiosis dengan tanaman dan ada pula yang hidup bebas di sekitar perakaran tanaman.

Mikroba tanah lain yang berperan di dalam penyediaan unsur hara tanaman adalah mikroba pelarut fosfat (P) dan kalium (K). Tanah-tanah yang lama diberi pupuk superfosfat (TSP/SP 36) umumnya kandungan P-nya cukup tinggi (jenuh). Namun, hara P ini sedikit/tidak tersedia bagi tanaman, karena terikat pada mineral liat tanah yang sukar larut. Di sinilah peranan mikroba pelarut P. Mikroba ini akan melepaskan ikatan P dari mineral liat tanah dan menyediakannya bagi tanaman. Banyak sekali mikroba yang mampu melarutkan P, antara lain: Aspergillus sp, Penicillium sp, Zerowilia lipolitika, Pseudomonas sp. Mikroba yang berkemampuan tinggi melarutkan P, umumnya juga berkemampuan tinggi dalam melarutkan K.

Mikroba-mikroba tanah yang bermanfaat untuk melarutkan unsur hara, membantu penyerapan unsur hara, maupun merangsang pertumbuhan tanaman diformulasikan dalam bahan pembawa khusus dan digunakan sebagai biofertilizer untuk pertanian organik

Untuk media persemaian

benih padi hitam

benih padi hotam umur 3 hari @waras farm

Bisa gunakan besek bambu atau besk plastik atau yang lainnya. Untuk komposisinya tanah : sekam bakar : pupuk kompos  = 2:1:2. Atau bisa gunakan media lain seperti tanah : abu : pupuk kompos = 2:1:1. Atau pupuk kompos dan tanah 1 : 1. Masih banyak media yang digunakan,,,kalau saya menggunakan tanah dari rumput dan sampah yang dibakar dan didiamkan sekitar 2 bulan lalau dicampur tanah.

Bagaimana dengan pupuk kimia? dengan komposisi pupuk di atas sebetulnya cukup baik untuk perkembangan tanaman.

Padi Hitam tidak bisa menggunakan pupuk kimia, coba saja anda kasih pupuk buatan pabrik bukanya hidup malah mati itu tanaman. Saya menggunakan Pupuk kandang dari kotoran kambing Atau bisa juga, setelah media persemaian siap, berikan POC atau MOL ( Pupuk Organik cair) sekedarnya.

Setelah media persemain selesai, taburkan benih yang sudah siap tsb ke dalam media persemaian. Jangan lupa dicatat tanggal sebar benihnya. Dalam beberapa hari ke depan, akan tumbuh bibit-bibit padi. Umur 7-12 hss, bibit siap dipindahkan ke dalam pot.

benih padi hitam-2

benih padi hitam umur 2 hari @waras farm

Mengapa maksimal 12 hss ? sebab diatas umur 12 hss, biasanya biji padi yang merupakan cadangan bibit tanaman telah habis. Jadi kalau bisa, tanam bibit sewaktu biji padi masih ada, ini untuk menghindarkan bibit dari stress ketika dipindahkan.Sekali lagi, jangan lupa beri  kertas tempel di pot : ditanam umur sekian hss ( hari setelah semai). Atau bisa juga dicatat dibuku.

Saya lebih suka pindah bibit umur 7-10 hss. Makin muda bibit ditanam maka jumlah anakkan akan lebih banyak. Kalau pembaca ingin membuktikannya, coba 1 pot ditanam umur 10 hss dan 1 pot ditanam umur 20-25 hss.

Media Tanam Pot

Bisa digunakan pot atau ember atau lainnya. Pot bisa dipakai yang tak ada lubang bawahnya. Pot malah dilubangi di sisinya, 75-80 % dari tingginya. Ada 4 titik mata angin. Untuk buang air berlebih. Dengan cara ini, kita tak perlu tiap hari siram padi.

Berdasarkan pengalaman saya: Untuk musim kemarau, sebaiknya lubang pot disekitar kuping pot (75-80 % dari tingginya). Tapi bila musim hujan, lubangi pot sekitar 70 % dari tingginya.

Saya pernah tanam di polybag. Jadi, hampir tiap hari tanaman padi itu disiram. Kalau polybag kita tempatkan di depan rumah, okelah. Tapi kalau ada tanaman padi di atas loteng, bagaimana?

Atau ada juga yang menggunakan pot yang bolong bawahnya, menurut saya tak apa-apa. Cuma lubang dibawahnya jangan banyak, kalau perlu tambahkan kantong kresek atau plastik di bagian dasar pot agar air bisa bertahan.Atau apa saja yang bisa menahan air tidak langsung terbuang ke luar.

Saya juga pernah membuat lubang di bawah pot 2 titik saja. Lubang tsb ditusuk dengan paku kecil yang dipanaskan. Jadi, air bisa keluar secara bertahap.

Dari sekian banyak media pot, yang paling berkesan dan terbaik adalah kita coba pot yang ada lubang dan tidak berlubang. Setelah panen,kita akan tau mana yang terbaik menurut versi kita.

Komposisi Media Tanam

Padi hitam pot umur 1 bulan

padi hitam dalam pot umur 1 bulan

Komposisi media tanam dalam pot sangat beragam. Tapi, saya suka menggunakan tanah kering bekas bakaran rumput dan sampah: pupuk kandang/pupuk kompos : sekam padi = 2:1:1.

“pak tanya, kalau sekam padi nggak ada bagaimana?’
” yang ada apa?”
” kalau pakai jerami padi?”
” bisa juga, cuma lebih baik dipotong-potong dulu”. Cuma cara ini memakan waktu lama sebab jerami harus mengalami proses pembusukan dulu,,,pakai sampah sayuran juga bisa namun dibusukin dulu yaa.
 

Sebaiknya, persiapan media dalam pot dilakukan sewaktu bibit padi masih kecil. Atau minimal 1 pekan sebelum pindah tanam. Lebih baik lagi, media tanam tsb dimasukan/diberikan MOL atau  POC seperti M-BIO, MA-11 ( MICROBACHTER ALFAAFA), EM4, NASA, BASF, Doea Putri,  dll ( banyak dipasaran silahkan pilih sendiri sesuai agama dan keyakinanya masing-masing J). Ukurannya disesuaikan dengan dosis yang tertera di kemasannya.

Artinya, memberikan persiapan kepada media tanam dalam pot untuk berkembang dalam proses yang rumit di dalamnya. Intinya, nutrisi dan MO yang menguntungkan dalam pot akan maksimal. Indikatornya kalau media tanam pot anda balik-balik banyak cacingnya itu bagus untuk tanaman yang akan anda pindahkan.

3. Penyiraman Tanaman

Untuk penyiraman tanaman, karena pot nya tak berlubang maka penyiraman bisa 2-4 hari sekali. Siram tanaman sampai macak-macak, kemudian biarkan selama 2-4 hari. Kemudian baru siram lagi. Begitu seterusnya sediakan sedikit air menggenang dalam pot.Ingat, padi bukan tanaman air, jadi tak selalu tergenang air. Yang penting, ada kecukupan air dalam siklus hidupnya.

Cuma, sewaktu tanaman padi dalam masa bunting, berbunga dan masa pengisian bulir padi, sebaiknya penyiraman dilakukan 1-2 hari sekali. Sebab pada masa ini, tanaman padi membutuhkan suplai air yang banyak.

4. Penyiangan Tanaman Padi

Untuk proses ini, sangat mudah dilakukan. Kita tinggal mencabut gulma yang ada di pot. Kemudian kita benamkan kembali ke dalam pot. Cuma ingat, gulma yang ada bijinya jangan dimasukkan ke dalam pot.

Padi hitam pot umur 1 bulan-2

Padi hitam pot umur 1 bulan-2

5. Pemupukan Tanaman Padi

Banyak cara yang bisa digunakan, bisa pakai pupuk kandang maupun pupuk organik cair.

Ok, bagaimana menerapkannya dalam pot? sebab pupuk yang diletakkan dalam pot beda dengan yang ada di sawah. Tidak terbawa air, tak terhisap tanaman lain, dll.Karena bertanam padi dalam pot maka dosis dan aplikasi pemupukan berbeda tiap insan/petani dalam penerapannya. Tiap 3 hari sekali semprot dengan Pupuk organik cair dan 2 minngu sekali dengan pupuk kandang, bisa juga dengan sisa sayuran yang terbuang, potong dan biarkan taruh dalam pot juga cukup bagus loh. Kalau beruntung nanti ada anak belut nongol disitu, tapi yang bikin saya heran dari mana itu anak belut bisa sampai ke situ kan gak ada induknya.

Catatan:

- bila di rumah kita ada sisa kopi atau teh manis atau susu bekas atau air kelapa tua dll maka jangan dibuang. Tuangkan saja sisa minuman tsb ke dalam pot padi.
- bila ada bekas air cucian beras, maka dapat digunakan buat penyiraman tanaman padi dalam pot.
- 1 sendok makan pupuk beratnya 15 gram, 1sendok teh beratnya 5 gram (saya hitung sendiri dengan timbangan digital)

Kita Tunggu 4 Bulan lagi semoga bisa berbulir banyak dan menjadi varietas unggul.

padi hitam-1

padi hitam-2

Seharusnya tanggal 7 mei 2013, akan dilakukan panen perdana padi hitam dalam pot, Tanaman padi hitam dalam pot yang sebentar lagi panen ludes di serobot si Tikus Koruptor, setelah hujan malam tadi mungkin pas Barca lawan Munich yang bikin heran dari mana para tikus koruptor tahu bahwa ada padi mahal yang sebentar lagi panen, di pemukiman yang selama saya tinggal 2 tahun jarang melihat tikus berkeliaran. yang bikin heran lagi padi hitam ini tingginya 1,5 meter, siti kus merobohkan batangya agar malai-malai jatuh ke bawah, habis itu disikat habis. Emang bener antara Tikus dan Koruptor sama sifatnya= licik dan cerdik, licin menggarong uang. hanya beberapa malai yang bisa terselamatkan

Sehari sebelum diserobot Tikus

Sehari sebelum diserobot Tikus

pagi setelah di serobot tikus

pagi setelah di serobot tikus

Malai yang masih bisa diselamatkan.

Malai yang masih bisa diselamatkan.

Hendra Andiarto Amphibia

Sumber: http://ceritanurmanadi.wordpress.com/, http://wedangberashitam.wordpress.com/, http://berashitam.com/

About these ads

5 Comments

  1. adi

    bagus.bisa dikembangkan

    • iya pak , selama ini yang nanam padi hitam biasanya di daerah terpencil diatas gunung karena masih sengaja dikucilkan. padahal potensial untuk dikembangkan.

  2. cara mendapatkan benih nya giman…?

    • silahkan sms atau bbm ke 021-46321199, 08811028719 atau BBM ke 30DFD8B3 dengan pak hendra

    • untuk benih butuh berapa gan? bisa beli dikami. 021-46321199, pin bb 30DFD8B3 butuh berapa banyak pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: